Terapi Jus & Diet

Selain karena kecelakaan, hanya ada dua sebab utama seseorang jatuh sakit. Pertama, karena terlalu banyak makan makanan berlemak, berkolesterol tinggi, dan berlendir. Sisa-sisa makanan seperti ini akan menumpuk di dalam usus, menempel di dinding pembuluh darah, dan di dinding saluran makanan. Hal ini menyebabkan menyempitnya bahkan tersumbatnya pembuluh darah dan terhalangnya penyerapan makanan. Kedua, karena kurangnya makanan bergizi. Rendahnya kualitas gizi menyebabkan sel-sel tubuh menjadi lemah, bahkan sel-sel tubuh yang aus pun tidak dapat diganti dengan segera. Akibatnya daya tahan tubuh jauh berkurang.

Jika ada dua penyebab terjadinya penyakit, ada dua cara juga untuk menyembuhkannya. Pertama, dengan pengobatan di rumah sakit, dan kedua, dengan sari buah dan sayuran segar atau “terapi jus”. Pengobatan di rumah sakit ini pun ada dua macam. Pertama, dengan makan berjenis-jenis obat yang sering dapat menolong, tetapi sebenarnya bukanlah yang terbaik, karena kadang-kadang mempunyai efek samping yang merugikan. Kedua, dengan pembedahan. Menderita usus buntu, dipotong; tonsil meradang, dipotong; borok perut, dipotong; tumor dirahim, dipotong; ginjal tidak berfungsi, dipotong. Untung saja kepala tidak harus dipotong ketika terasa sakit.

Pengobatan dengan sari buah-buahan dan sayuran ada dua macam. Cara pertama, jika seseorang sakit karena tertumpuknya sisa-sisa makanan di dalam tubuh, pengobatannya adalah dengan membersihkan tubuh dengan cara berpuasa atau three day cleansing. Cara kedua, kebutuhan tubuh dicukupi dengan banyak makan makanan segar (apalagi makan tanpa dimasak), serta minum sari sayuran dan buah-buahan. Hal ini tidak berarti bahwa segala sesuatu itu harus dimakan mentah-mentah, melainkan di samping makanan yang dimasak, perlu juga makan makanan segar.

Sumber: Nainggolan, Dr. R. A. 2006. Terapi Jus & Diet. Jakarta: AgroMedia

Categories: Kesehatan | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: