Bercocok Tanam dengan Media Limbah Kertas

Salah satu yang dapat dimanfaatkan dari limbah kertas adalah sebagai media pengganti tanah atau media bercocok tanam khusus tanaman hias. Sebaiknya mulai sekarang Anda tidak membuang kertas bekas karena benda yang dinilai sebagai sampah tersebut masih dapat dimanfaatkan.

Menanam dengan kertas bekas juga cukup efektif bagi tanaman dalam ruang karena tidak membuat kotor. Metode yang digunakanpun sangat sederhana. Pengolahan limbah kertas diawali dengan proses perendaman kertas dalam air. Kemudian dilanjutkan dengan peleburan kertas yang telah basah hingga halus menyerupai tanah asli.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagian kertas di giling dengan mesin blender. Proses ini digunakan agar limbah kertas bisa lebih padat saat dimasukan ke dalam pot tanaman. Proses terakhir kertas yang telah halus kemudian di peras dan bisa digunakan untuk bercocok tanam sebagai pengganti media tanah.

Karena mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia, limbah kertas sebaiknya hanya digunakan untuk menanam tanaman yang tidak dapat dikonsumsi. Selain mudah cara pembuatannya cara ini juga nilai sangat efektif untuk jenis tanaman hias dalam ruangan karena tidak menimbulkan debu dan kotor.

Categories: Lingkungan | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: