Kerajinan Keramik Dinoyo

Indonesia memiliki bahan baku tanah liat melimpah. Setiap daerah pun memiliki karakter khas. Jika tanah liat di Malang akan kecoklatan jika dibakar, tanah liat Jawa Tengah menjadi keabu-abuan.

Pengrajin tanah liat atau biasa kita dengar dengan kerajinan keramik Dinoyo. Dinoyo adalah salah satu nama daerah yang berada di kota Malang. Di daerah inilah kita akan dapat menikmati keindahan berbagai bentuk kerajinan, mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar pun kita dapatkan di sini, tentunya dengan harga yang berfariasi.

Barang turunan keramik berbahan tanah liat lebih modern dan natural. Tren produk ini pun punya penggemar tersendiri. Apalagi jika benda tersebut fungsional dan simpel seperti tempat lilin, tempat kartu nama, dan lainnya.

Sentra keramik Dinoyo, Malang, sudah eksis sejak 1957. Awalnya lingkungan persawahan ini terbentuk sebagai sentra gerabah dan memproduksi perlengkapan rumah tangga. Melihat perkembangan keramik Cina, pengrajin asal Dinoyo kemudian mengembangkan keramik semi porselen dan namanya terus dikenal hingga kini.

Karakter khas keramik Cendera Mata terletak pada warna dan desain natural. Bentuk dan fungsinya pun bervariasi, seperti vas bunga, tempat garam dan merica, tempat kartu nama, aneka suvenir, wadah aromaterapi, tempat lilin, dan lainnya.

Indahnya budaya Nusantara yang beragam, menjadikan Indonesia bangga akan kekayaan ragam budaya. Lindungi dan lestarikan keindahan budaya, seni, dan kerajinan Indonesia sebagai wujud cinta akan produk Indonesia. Dan jadikan kebanggaan tersendiri akan produk-produk Nusantara.

Categories: Kreativitas | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: