Aromaterapi: Minyak Ajaib yang Menyembuhkan

aromaterapiAromaterapi telah ada sejak 6000 tahun yang lalu dan pertama kali diperkenalkan oleh Bangsa Mesir Kuno. Saat itu cara menggunakannya adalah dengan merendam tanaman yang memiliki aroma yang wangi untuk mengambil esens atau minyaknya. Tabib Mesir pada zaman tersebut biasanya merekomendasikan minyak yang satu ini untuk mandi, pemijatan, dan pembalseman mayat.

Rene Maurice Gattefosse adalah orang yang pertama kali mempopulerkan istilah aromaterapi. Saat ia melakukan penelitian mengenai khasiat dari minyak tumbuhan, tanpa sengaja lengannya terbakar lalu terkena minyak lavender. Rene terkagum-kagum karena minyak ini ternyata dapat langsung menyembuhkan luka bakarnya dengan cepat. Setelah kejadian tersebut Rene menerbitkan tulisan dengan judul Aromatherapie: Les Huiles essentielles, hormones végé tales. Dan sejak saat itu kata aromaterapi pun menjadi populer.

Sebenarnya keluhan apapun dapat diatasi dengan terapi holistik. Salah satunya adalah aromaterapi, yaitu terapi yang menggunakan minyak esensial dari bunga, pohon, atau tanaman lainnya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan serta ketenangan jiwa dan pikiran. Efek terapi ini dapat dirasakan hanya dengan menghirup aroma yang berasal dari esen minyak tersebut. Molekul aroma yang terhirup ini akan diubah menjadi sinyal oleh sel-sel penerima rangsang (reseptor) dalam hidung dan kemudian dikirim ke bagian limbik dan hipotalamus di otak.

Aroma minyak esensial dipercaya dapat mengaktifkan zat-zat kimia dalam otak (srotinin, endorfin, dan lain-lain) yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sistem organ tubuh lain. Tidak hanya sekedar untuk membuat wangi ruangan saja, minyak esensial ini juga memiliki banyak khasiat. Berikut beberapa jenis minyak esensial yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Basil: digunakan untuk keletihan mental, menguatkan saraf, bronkitis, migren, gout, hilang konsentrasi, pilek, asma, mengatur siklus menstruasi, batuk, gangguan pencernaan, muntah, gigitan serangga.

Bergamot: digunakan untuk jerawat, masalah kulit, herpes, ketegangan, depresi, stres, demam, radang kandung kemih (sistitis), memulihkan nafsu makan.

Camomile: digunakan untuk menenangkan, peradangan, insomnia, masalah menstruasi, saraf, stres, kecemasan, gangguan pencernaan/ perut, persendian terkilir/ bengkak, alergi, masalah kulit, jerawat, psoriasis, eksim, sakit kepala, migran. Dengan aroma ini, Anda juga dapat merasa rileks dan mudah tidur.

Citronella: dapat digunakan saat sedang pilek, mengalami masalah mendengkur, dan migren.

Clary Sage: untuk menenangkan pikiran saat sedang merasa suntuk.

Eucalyptus: bermanfaat bagi yang memiliki masalah pada bagian pernafasan seperti asma, bronchitis. Selain itu berguna juga untuk meredakan demam dan flu.

Grapefruit: agar merasa lebih segar dan bisa juga digunakan untuk detoksifikasi.

Jasmine: sebagai aprodisiak atau pembangkit gairah seks dan juga memiliki efek yang menenangkan.

Juniper: digunakan untuk masalah hati, detoksifikasi, jerawat, infeksi saluran kemih, diuretik, obesitas, perangsang nafsu makan, nyeri menstruasi, eksim, psoriasis, tekuk lambung, luka, rematik, selulit.

aromaterapi-oilKananga: dapat digunakan sama seperti jasmine sebagai aprodisiak dan juga untuk mengatasi insomnia.

Lavender: untuk menenangkan dan dapat juga sebagai antiseptik. Selain itu, lavender baik digunakan untuk stres, sakit kepala, luka potong, luka bakar, kutil.

Lemon: digunakan untuk masalah pencernakan, radamg tenggorokan, menguatkan syaraf, masalah kulit, mengusir serangga, tekanan darah rendah, merangsang jantung, membersihkan hati, pilek, flu, sinusitis, radang gusi (gingivitis), mimisan, kutil. Terutama baik untuk masalah kulit (jerawat, kulit berminyak). Aroma lemon juga dapat membuat merasa segar, sehingga dapat digunakan untuk membangkitkan mood.

Mandarin: memberikan efek tenang dan rileks.

Peppermint: digunakan untuk meredakan mual, kembung, kolik, sulit mencerna, mabuk perjalanan, sakit kepala, pilek, flu, migren, demam, peradangan, artritis, sinusitis, nyeri haid, mengusir nyamuk, asma, bronkitis, keletihan, shock.

Rosemary: digunakan untuk sakit kepala, otot kaku, cidera olahraga, terkilir, keletihan, ketombe, botak, stimulan, penyumbatan hati, rematik, pilek, memperbaiki sirkulasi, retensi cairan, batuk, dada sesak. Minyak ini juga dapat juga digunakan sebagai tonik.

Sandalwood: dapat digunakan untuk jerawat, sistitis, radang tenggorokan, bronkitis, radang pangkal tenggorok (laringitis), masalah saluran kemih, retensi cairan, masalah kulit, psoriasis, eksim, kulit kering atau mengelupas, perawatan kulit, stres. Aroma ini juga dapat mengurangi rasa tegang dan cemas.

Tea Tree: digunakan untuk infeksi jamur, infeksi virus dan bakteri, pilek, flu, jerawat, sistitis, luka bakar, kutu air, pengusir serangga, luka potong, luka sengat, radang tenggorokan, sinusitis, masalah dada, ketombe, memperkuat sistem kekebalan untuk menghadapi infeksi.

Ylang-ylang: digunakan untuk mengatasi rasa cemas, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, mengatur detak jantung, perawatan kulit, masalah seksual (frigiditas, impotensi).

Cara kerja manfaat dari aromaterapi bekerja melalui tiga jalur, pencernaan, penciuman dan penyerapan kulit. Yang paling efektif adalah dengan menggunakan penciuman. Karena rongga  hidung dapat langsung terhubung dengan  sistem susunan saraf pusat yang langsung dapat menstimulus manfaat dari minyak ini sendiri.

aromaterapy-1Minyak esensial ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan dengan metode pemijatan dan penciuman, yaitu dengan mengoleskan minyak esensial di wajah dan leher, kemudian pijat perlahan-lahan dengan gerakan memutar dari leher ke dahi. Tapi jangan lupa untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter kulit, terutama bagi yang memiliki kulit wajah sensitif.

Penyimpanan aromaterapi tidak boleh diletakkan begitu saja, harus disimpan di tempat tertutup sehingga aromanya tidak berubah. Pastikan juga botol selalu tertutup rapat karena oksigen dan cahaya panas dapat merubah kondisi minyak ini. Jika sudah lebih dari satu tahun disimpan, lebih baik tidak usah digunakan lagi karena manfaat dari minyak ini biasanya sudah mulai berkurang.
Sebaiknya sebelum menggunakan minyak ini, oleskan satu tetes di kulit tangan untuk menguji apakah menimbulkan iritasi atau tidak. Selain itu untuk ibu hamil, jika ingin menggunakannya cobalah untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Categories: Kesehatan | Tags: | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Aromaterapi: Minyak Ajaib yang Menyembuhkan

  1. muhammad nadzirin

    terima kasih banyak atas artikelnya karena secaara kebetulan artikel seperti ini yg sdg saya cari-cari..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: