Lampu Tempoe Doeloe

Heningnya malam dan rintik hujan, tiba-tiba mati lampu. Huuhh… jengkel dong pastinya. Lampu minyak atau teplok menjadi harapan satu-satunya. Jaman boleh maju, namun ketika keraguan muncul pada pihak penyedia jasa layanan listrik, apa boleh buat lampu-lampu inilah menjadi andalan.

Ada berbagai macam bentuk dan warna yang pastinya juga sulit sekali untuk mendapatkannya sekarang. Gambar-gambar ini sekedar informasi untuk tontonan anak-anak modern yang belum pernah melihat lampu semacam ini.

Berikut sebagian macam dan bentuk lampu-lampunya:

Tidak cuma itu saja, adalagi lampu yang biasa dinamakan dengan “Petromax”. Sebenarnya, petromax adalah nama sebuah merek dagang (brand) dari sebuah lampu berbahan bakar minyak bertekanan. Bahan bakar tersebut bisa berupa kerosin, parafin, atau spirtus. Lampu ini ditemukan pertama kali oleh Bapak Max Graetz, yang mempunyai nama panggilan “Petrol-Max” pada masa kecilnya. Dari nama ini pula, kata “petromax” digunakan.

Categories: Tempoe Doeloe | Tags: | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Lampu Tempoe Doeloe

  1. wah lampu petromax, sekarang sudah hampir tidak ada, padahal di tahun 1980’an sangat populer sekali….jadi ingat2 kenangan lama…salam🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: