Manfaat Di Balik Tempurung Kelapa

Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil, dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Berat tempurung sekitar 15-19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.

Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang . Tempurung kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa atau diolah menjadi menjadi barang-barang kerajinan tangan. Tempurung kelapa yang sudah tidak terpakai ini meruapakan bahan baku dari kerajinan tempurung kelapa, produk yang dihasilkan antara lain: Alat-alat dapur, seperti: sendok sayur, centong nasi, gayung air, dll; Pernak pernik, seperti pin, hiasan baju, kancing baju, dll: Tas; Handycraft; dan masih banyak lagi.

Produk-produk yang dihasilkan memiliki kwalitas yang tinggi, dan nilai seni yang indah.

Pengolahan/ Proses Produksi Arang dan Briket Arang Tempurung Kelapa


Tempurung kelapa yang dikumpulkan dari pasar/petani kelapa diletakkan berlapis-lapis mulai dari dasar tanur. Lapisan pertama pada dasar tersebut disiram minyak tanah dan dibakar sehingga menyala dan kemudian diatas nyala tersebut ditumpukan lagi tempurung kelapa sehingga tanur tersebut penuh dan dibiarkan selama tujuh jam.

Setelah tujuh jam hampir seluruh tempurung terbakar, tanur kemudian ditutup sehingga kedap udara selama 12 jam saat proses pengarangan berlangsung. Keesokan paginya tutup tanur dibuka, kemudian arang dibongkar dari tanur dan telah siap untuk dijadikan briket yang siap untuk dimanfaatkan.

Categories: Kreativitas | Tags: | 7 Komentar

Navigasi pos

7 thoughts on “Manfaat Di Balik Tempurung Kelapa

    • Sudah saatnya kita memanfaatkan barang2 bekas yang masih dapat digunakan dan tentunya memiliki nilai seni dan kreativitas yang tinggi.
      Bumi semakin tua, isu Global Warning telah mencuat kemana-mana, kini saatnya kita mengurangi pemakaian plastik dan bahan2 yang tidak dapat di daur ulang lagi.
      Lestarikan Go Green!!!

  1. Vera

    sis……mau tnya,dsni jual kancing batok dan pin tempurungnya?? berapaan…..mohon balesannya k email saya ya, makasih

  2. Saya pingin memiliki kehalian di dalam mengolah batok kelapa. Karena di tempak kami banyak batok kelapa dan hanya di bakar. Kami belum memiliki keahlian. Kami mohon bimbingannya. Saya Tinggal di Trenggalek Jatim (081 335 911 925)

  3. nampung yang mau belajar ga nih.. hehehe… trmakash..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: